Yuk lebih melek dengan kasus penipuan online. Saat ini, penipuan dengan modus online banyak sekali menyebar. Bahkan model dari penipuan ini terus berkembang dan semakin menakutkan. Karena itulah pemerintah dan operator telekomunikasi menyediakan akses cara melaporkan penipuan online ke polisi atau ke kemenkominfo dengan mudah.
Sebelum mengenal caranya, pelanggan wajib banget tahu tentang potensi dan juga apa yang membuat kasus ini seakan tidak pernah habis. Ternyata, faktor penipuan semakin canggih juga karena adanya perkembangan teknologi dan internet. Apa saja bentuknya? Yuk kenali terlebih dahulu dan lebih waspada dengan risiko penipuan.
Bentuk Penipuan Saat Ini
Bentuk penipuan yang sering terjadi adalah untuk mendapatkan akses informasi pribadi. Caranya? Ada phishing, pharming, social engineering, bahkan sniffing. Biasanya kasus ini sulit terlihat karena tersembunyi dengan cara menggunakan malware, tipu daya agar korban mengisi informasi pribadi, sampai manipulasi psikologis.
Yang cukup disayangkan, masih ada saja kasus masyarakat yang jatuh ke lubang tipu-tipu tersebut. Seperti masuk ke website palsu, menggunakan data pribadi untuk lowongan kerja tidak jelas, sampai tertipu karena tidak paham penggunaan ATM. Akhirnya rekening dan informasi pribadi pun diakses oleh para penipu.
Meski Cara melaporkan penipuan online ke polisi ini sudah dipermudah, tapi kasus yang semakin banyak menjelaskan kalau masyarakat masih kurang paham dengan masalah tersebut. Bahkan di tahun 2020-2023 sudah tercatat lebih dari 3400 kasus penipuan yang dilaporkan, dan semua itu dari beragam skema yang dijalankan.
Apa Yang Harus Dilakukan Kalau Tertipu?
1. Simpan Bukti Penipuan
Jika kamu tertipu, langsung saja simpan bukti penipuan yang terjadi. Bisa dalam bentuk rekaman telepon, tangkapan layar transaksi, sampai foto,sms, dan lain lain. Tidak ada salahnya untuk menyimpannya dalam bentuk soft file atau hard file dengan cara mencetak gambar atau bukti tersebut untuk digunakan saat pelaporan.
2. Segera Ganti Pin Dan Password
Jika merasa penipuan tersebut akan berpengaruh ke akun, data, atau rekening yang dimiliki, lebih baik segera ganti password dan pin. Lakukan pembaruan keamanan akun dan ganti semua informasi yang sebelumnya ada. Dengan begitu penipu atau hacker tidak akan bisa mengakses sumber informasi darimu.
3. Laporkan Ke Polisi
Sebagai langkah pertama, laporkan suaminya ke polisi. Cara melaporkan penipuan online ke polisi ini cukup mudah, yakni datang ke kantor polisi terdekat dan buat laporan. Jangan lupa bawa barang bukti untuk disampaikan ke kantor polisi. Apakah kasus penipuan ini bisa langsung ditindak? Tergantung dari kasus itu sendiri, karena tidak semua kasus mudah diselesaikan.
4. Laporkan Ke Kemenkominfo
Setelah itu, kamu bisa lanjutkan pelaporan ke kemenkominfo. Kementerian komunikasi dan informatika saat ini sudah menyediakan cara pelaporan online dengan melalui laman layanan.komifo.go.id kemudian masuk ke fitur ADUAN BRTI. Di sana kamu bisa sampaikan keluhan dan kronologi penipuan yang terjadi.
Sama dengan ke polisi, pastikan kamu punya bukti untuk diunggah saat pelaporan. Nantinya operator Helpdesk akan melakukan verifikasi dan analisis kebenaran laporan. Jika benar, informasi akan dilanjutkan ke pusat jasa telekomunikasi untuk melakukan pemblokiran nomor, identitas, atau akun penipu.
5. Buat Laporan Ke Bank
Selain itu, jangan lupa untuk melapor ke bank. Kalau kamu menemukan transaksi finansial yang cukup dipertanyakan dan merasa ditipu, langsung saja datang ke bank untuk melakukan pemblokiran rekening. Tujuannya agar uang yang ada di rekening tidak terus ditarik oleh penipu. Terutama kalau pin dan password rekening sudah ketahuan.
Apakah Uang akan kembali?
Cukup disayangkan kalau penipuan dalam bentuk hilangnya uang tidak selalu bisa berakhir gembira. Kerap kali uang tidak bisa kembali karena proses dan kasus yang cukup rumit. Namun jika kasus masih bisa diselesaikan dengan baik dan cepat, maka kemungkinan uang kembali masih mungkin. Karena itulah pelanggan Indosat harus terus berhati hati.
Bagaimana upaya operator telepon soal penipuan?
Selain memberi kemudahan dalam Cara melaporkan penipuan online ke polisi, perlu diketahui juga kalau pihak Indosat juga sudah melakukan upaya perbaikan keamanan. Bersama dengan operator seluler lainnya, Indosat menyediakan API atau application programming interface dalam bentuk number verify, device location, dan SIM Swap.
Tiga fitur tersebut dirancang untuk mendeteksi kegiatan mencurigakan. Seperti melakukan penarikan uang di rekening dalam jumlah besar menggunakan nomor baru. Fitur ini juga akan melakukan pelacakan lokasi untuk mengetahui risiko penipuan. Number verify pun akan dilakukan sebagai satu tahap verifikasi tambahan atau alternatif dari OTP.
Kalau kamu apakah sudah siap dengan gempuran teknologi? Meski kemajuan teknologi ini memberi keuntungan, tapi banyak juga masalah yang muncul. Yuk perkuat literasi digital agar lebih waspada dengan kasus tipu-tipu. Jangan lupa untuk lakukan Cara melaporkan penipuan online ke polisi, bank atau kemenkominfo untuk mengurangi jumlah korban di masa depan.